Kompetensi Teknis : Memahami dan mempraktekkan penyusunan bahan ajar dalam bentuk teks dan non teks.
Sasaran : Untuk seluruh Pegawai ASN Kemenag dan Non ASN Kemenag serta tidak menutup kemungkinan ASN dari Lembaga lain.
Tujuan : Untuk mewadahi proses belajar bersama secara daring dan terbuka serta bisa dijangkau dimanapun berada yang penting terkoneksi dengan jaringan internet.
Latar belakang : Platform MOOC Pintar digagas untuk menjawab kebutuhan peningkatan kompetensi ASN Kemenag.
Materi inti & WI :
- Konsep Penyusunan Bahan Ajar : Nur Aini
- Analisis Kebutuhan Bahan Ajar : Kasmawati
- Penyusunan Bahan Ajar Cetak (LKS/ Modul/ Diktat) : Kasmawati
- Praktik Pembuatan Bahan Ajar Non-Teks (Computer Based Learning) : Nur Aini
- Pembuatan Bahan Ajar Komik Pembelajaran : Wiwin Tubagus
- Penyusunan Bahan Ajar Hypermedia : Wiwin Tubagus
-
Apa keuntungan menyematkan asesmen atau kuis interaktif dalam bahan ajar hypermedia?
- Hanya untuk menghibur pengguna
- Meningkatkan kreativitas desain
- Mengukur pemahaman pengguna terhadap materi
- Tidak memberikan dampak signifikan
-
Apa perbedaan utama antara hypertext dan hypermedia?
- Tidak ada perbedaan antara hypertext dan hypermedia
- Hypertext tidak mendukung hyperlink, sedangkan hypermedia mendukung
- Hypertext hanya berisi teks, sedangkan hypermedia dapat mencakup berbagai jenis media
- Hypertext hanya dapat diakses secara online, sedangkan hypermedia dapat diakses secara offline
-
Bagaimana peran multimedia dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?
- Tidak memberikan dampak signifikan
- Meningkatkan interaktivitas dan memahamkan konsep
- Menyediakan variasi warna saja
- Hanya untuk menambah berat file
-
Mengapa desain navigasi yang baik sangat penting dalam pembuatan bahan ajar hypermedia?
- Hanya sebagai hiasan
- Memastikan pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi
- Meningkatkan keindahan tampilan
-
Apa yang dimaksud dengan hypermedia dalam konteks pembuatan bahan ajar?
- Media yang memuat hyperlink untuk menghubungkan informasi
- Media dengan warna-warni yang intens
- Media yang hanya dapat diakses secara offline
- Media cetak yang menarik perhatian
-
Apa yang dimaksud dengan "interaktivitas" dalam konteks hypermedia?
- Hanya sebagai efek visual
- Kemampuan pengguna untuk berinteraksi dengan konten
- Tidak memiliki pengertian khusus
- Hanya sebagai variasi desain
-
Mengapa penting melakukan uji coba pengguna terhadap bahan ajar hypermedia?
- Mengidentifikasi masalah navigasi dan pengalaman pengguna
- Memastikan kualitas visual
- Memastikan keamanan data
- Hanya untuk menghabiskan waktu
-
Keuntungan utama penggunaan hypermedia dalam pembuatan bahan ajar adalah...
- Interaktivitas dan fleksibilitas
- Keterbatasan dalam aksesibilitas
- Keterbatasan kreativitas
- Penyajian informasi yang linier
-
Bagaimana cara mengoptimalkan aksesibilitas dalam bahan ajar hypermedia?
- Menambahkan efek visual yang kompleks
- Hanya sebagai variasi desain
- Menyediakan teks alternatif untuk media non-teks
- Tidak memperhatikan kebutuhan pengguna berbeda
-
Apa yang dimaksud dengan "hyper" dalam konteks hypermedia?
- Jenis font yang digunakan
- Menunjukkan proses perpindahan antar media yang tidak linier
- Hanya sebagai elemen dekoratif
- Simbol yang digunakan dalam desain
Demikian tadi jawaban dan latihan soal materi 3.6 pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Berbasis Media PINTAR Kemenag.
0 comments:
Posting Komentar