Contoh soal KSM IPA MTs 2023 tingkat provinsi beserta kunci jawaban


Hai Sobat Elpedia, Berikut ini Latihan Soal KSM IPA MTs 2023 Tingkat Provinsi dan Pembahasan Kunci Jawaban. selamat belajar semoga bermanfaat.
  1. Bacalah dengan seksama ayat dari Q.S. Yasin berikut ini!
    وَالْقَمَرَ قَدَّرْنٰهُ مَنَازِلَ حَتّٰى عَادَ كَالْعُرْجُوْنِ الْقَدِيْمِ

    Fenomena alam yang tidak sesuai dengan penjelasan ayat Al Qur'an di atas adalah ...
    1. gerak semu harian matahari
    2. terjadinya pasang dan naik air laut
    3. perubahan jumlah hari pada setiap bulan di kalender hijriah
    4. terjadinya macam-macam fase bulan dan pergerakkannya

    Pembahasan:
    Ayat di atas merupakan Q.S. Yasin ayat 39 yang artinya: "Dan telah Kami tetepkan tempat peredaran bagi bulan, sehingga (setelah ia sampai ke tempat peredaran yang terakhir) kembalilah ia seperti bentuk tandan yang tua." Ayat di atas menjelaskan mengenai pergerakan bulan yang selalu beredar pada lintasan rotasi yang sama. Rotasi bulan dapat mengakibatkan beberapa fenomena. Fenomena tersebut meliputi pasang surut air laut, perubahan jumlah hari pada setiap bulan di kalender hijriah, terjadinya macam-macam fase bulan dan pergerakkannya hingga terjadinya gerhana bulan.
    Jawaban: A

  2. Ahli zoologi terkemuka dari Basra Irak yang merupakan ilmuwan pencetus teori evolusi. Pengaruhnya begitu luas di kalangan ahli zoologi muslim dan barat. Buku yang paling terkenal yang ditulisnya adalah Al-Hayawan (Buku tentang binatang). Buku itu begitu lengkap membahas mulai dari kuman, teori evolusi, adaptasi dan psikologi binatang. Siapakah tokoh yang dimaksud?
    1. Jabir Ibnu Hayyan
    2. Al-Khawarizimi
    3. Al Jahiz
    4. Ibnu Sina

    Jawaban: C

  3. Pernahkah kita berfikir bahwa mengapa air mineral dalam kemasan yang diproduksi dan diperjualbelikan haruslah berlabel halal. Hal yang dapat menyebabkan air yang pada dasarnya halal menjadi haram adalah ...
    1. Dalam proses distribusinya, air dibeli menggunakan cara yang tidak halal
    2. Air dihasilkan dengan difilter menggunakan karbon aktif yang dapat berasal dari tulang babi
    3. Kemasan air diproduksi menggunakan karbon aktif yang dapat berasal dari tulang babi
    4. Sumber mata air yang digunakan dapat berasal dari sumber air yang terkontaminasi unsur babi

    Pembahasan:
    Dalam proses pembuatan air mineral kemasan, air dari sumber mata air akan disaring dengan bantuan arang aktif. Arang aktif (karbon aktif) ini bisa dibuat dengan limbah tumbuhan atau hewan. Jika arang aktif dibuat dari limbah tumbuhan maka air yang dihasilkan halal, namun jika dibuat dari limbah tulang hewan dan menggunakan hewan babi, maka air tersebut menjadi haram.
    Jawaban: B

  4. Sepertiga malam terakhir adalah saat yang paling pas untuk dilaksanakannya shalat tahajud. Berdasarkan Hadits Riwayat Turmudzi: "Shalat tahajjud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindari penyakit." Ilmu pengetahun biologi menunjukkan bahwa ketenangan diri berkaitan dengan keberadaan hormon-hormon tertentu, yaitu ....
    1. Epinephrin, Endorphin, Acetylcholine, Vasoprasin
    2. Kelenjar Pineal, Melatonin, Epinephrin, Acetylcholine
    3. Serotonin, Dopamin, Endorphin, Vasoprasin
    4. Serotonin, Melatonin, Dopamin

    Pembahasan:
    Hormon yang memberikan efek menimbulkan rasa tenang bagi tubuh dan bisa menimbulkan rasa kehagiaan meliputi hormon Serotonin, Dopamin, Endorphin, Vasoprasin.
    Jawaban: C

  5. Proses fotosintesis merupakan salah satu rahmat terbesar yang diberikan Allah kepada dunia kehidupan. Pada proses ini, dibentuk oksigen melalui proses perubahan kimia air dan karbon dioksida. Pada setiap proses fotosintesis jumlah molekull oksigen yang dihasilkan sama dengan jumlah surah pada surah. Pernyataan berikut benar tentang hama dan penyakit pada tanaman, kecuali ...
    1. Al-Fatihah
    2. Al-Ma’un
    3. Al-Kafirun
    4. Al-Falaq

    Pembahasan:
    Proses fotosintesis menghasilkan 6 molekul oksigen, yang mana jumlah tersebut sama dengan jumlah Al-Kafirun.
    Jawaban: C

Disclaimer:
Soal yang dibahas bersumber dari soal KSM IPA MTs 2019 tingkat provinsi. Pembahasan kunci jawaban dikutip dari alumni FKIP Universitas Jember, Arum Ariyani, S.Pd.
ULANGI LAGI SOAL LAINNYA

close

DAFTAR ISI

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp

0 comments:

Posting Komentar