SOAL INFORMATIKA BAB 1 KELAS 8 GANJIL - PEMBELAJARAN INFORMATIKA

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah SOAL INFORMATIKA BAB 1 KELAS 8 GANJIL - PEMBELAJARAN INFORMATIKA. Yuk Gaes!!!..Persiapkan diri kamu, Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Profil Pelajar pancasila memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ...

A. berkebhinekaan individual
B. mandiri
C. bergotong royong
D. kreatif



Jawaban:

Profil tersebut dinyatakan dalam enam dimensi, yaitu beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.


SOAL 2

Profil pelajar Pancasila yang mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal dan bermakna adalah ....

A. kreatif
B. mandiri
C. bernalar kritis
D. bergotong royong



Jawaban:

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.


SOAL 3

Profil pelajar Pancasila yang mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa adalah ....

A. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
B. berkebinekaan global
C. bergotong royong
D. mandiri



Jawaban:

Berkebinekaan global: Pelajar Indonesia mempertahankan budaya luhur. lokalitas dan identitasnya, serta tetap berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain, sehingga menumbuhkan rasa sating menghargai dan kemungkinan terbentuknyadengan budaya luhur yang positif dan tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa.

Bergotong royong: Pelajar Indonesia rnemiliki kemampuan bergotong royong, yaitu kemampuan untuk melakukan kegiatan secara bersama-sama dengan sake rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjatan lancar, mudah, dan ringan.

Mandiri: Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab alas proses dan basil belajarnya.

Bernalar: Pelajar yang bernalar kritis mampu secara objektit memproses informasi baik kualitatif maupun kuantitatif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, menganalisis informasi, serta mengevaluasi dan menyimpulkannya.


SOAL 4

Kata Komunikasi berasal dan bahasa latin "communicare" yang artinya ....

A. menyampaikan
B. berbicara
C. saling terhubung
D. saling peduli



Jawaban:

Komunikasi (communication) berasal dad bahasa Latin communis yang berarti same. Communico. communication atau communicare yang berarti membuat sama (make to common).


SOAL 5

Dalam kegiatan kelompok setiap anggota kelompok harus mendapatkan ....

A. tugas dan wewenang
B. tugas dan tanggung jawab
C. tugas dan peran
D. wewenang dan tanggungjawab



Jawaban:

Dalam kegiatan kelompok, sotiap anggota kelompok harus mendapatkan tugas dan tanggung jawab yang seimbang dan adil.


SOAL 6

Bidang ilmu mengenai studi perancangan, dan pembuatan sistem komputasi serta prinsip-prinsip dasamya disebut ....

A. computer
B. informatika
C. komputasi
D. informasi



Jawaban:

Informatika mirip seperti teknologi informasi yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information Technology (IT). Cabang ilmu ini bisa membantu manusia untuk membuat, mengubah, menyimpan, dan menyebarkan informasi. Informatika mampu menyampaikan informasi dalam bentuk data, ware, dan video


SOAL 7

Landasan berpikir informatika adalah ....

A. komputasi
B. berpikir kritis
C. berpikir komputasional
D. matematis



Jawaban:

Berpikir komputasional (Computational Thinking) adalah metode menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Tantangan bebras menyajikan soal-soal yang mendorong siswa untuk berpikir kreatif dan kritis dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan konsep-konsep berpikir komputasional.


SOAL 8

Dunia maya disebut juga dengan dunia ....

A. Siber
B. Industry 4.0
C. Industry 5.0
D. Jaman dahulu



Jawaban:

Dunia mays atau cyberspace merupakan media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan komunikasi sate arch maupun timbal-balik secara online (terhubung langsung).


SOAL 9

Dalam industri 4.0, banyak hal dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan mesin cerdas berbasis ....

A. internet
B. computer
C. komputer dan intemet
D. data



Jawaban:

Dalam mewujudkan inovasi tersebut, pembuatan mesin cerdas dilakukan dengan beibasis komputer. Artinya pada mesin cerdas akan menerapkan prinsip digital yang dikelola oleh manusia untuk pengendaliannya.


SOAL 10

Masyarakat sekarang ini disebut masyarakat 5.0(sociery 5.0) karena hidup di dunia fisik sekaligus di dunia ....

A. Siber
B. Industry 4.0
C. Industry 5.0
D. Jaman dahulu



Jawaban:

Pembahasan: Dunia maya atau cyberspace merupakan media elektronik dalam jaringan komputer yang banyak dipakai untuk keperluan kornunikasi satu arah maupun timbal balik secara online (terhubung langsung).


SOAL 11

Semua komponen/peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi seperti CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain adalah ....

A. software
B. brainware
C. hardware
D. soft file



Jawaban:

Menurut pendapat ahli James O'Brien, pengertian hardware rnerupakan semua komponen/peralatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi seperti CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain. Biasanya, hardware terlihat sebagai bentuk output dari setiap proses sistern operasi komputer.


SOAL 12

Media informasi yang dapat berbentuk teks dengan perpaduan gambar, grafik, ilustrasi, dan tipografi. Biasanya, digunakan untuk merepresentasikan data agar penyajiannya mudah untuk dipahami dan dibaca disebut ....

A. monografi
B. infografis
C. infohoax
D. monolog



Jawaban:

Infografis adalah made informasi yang dapat berbentuk teks dengan perpaduan garnbar, grafik. ilustrasi dan tipografi. Biasanya, infografis dgunakan untuk merepresentasikan data agar penyajiannya mudah untuk dipahami dan dibaca.


SOAL 13

Seseorang yang ahli dalam menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain, membeli dan menjual barang, mengambil bagian dalam politik, serta mengerti bagaimana melakukan hal tersebut dengan cara yang sama dan bertanggung jawab disebut ....

A. operator
B. warga digital
C. administrator
D. user



Jawaban:

Kewarganegaraan digital disebut juga dengan digital citizenship. Menurut Mossberger (2008). Konsep dari kewarganegaraan digital adalah mereka yang saling menggunakan teknologi untuk rnendapatkan informasi politik demi memenuhi tugas sipil mereka dan yang menggunakan teknologi di tempat kerja untuk keuntungan ekonomi. Warga digital (digital citizen) adalah seseorang yang ahli dalam menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain, mambeli dan menjual barang, mengambil bagian dalam politik serta rnengerti bagaimana melakukan hal tersebut dengan cara yang sama dan bertanggung jawab.


SOAL 14

Istilah umum yang biasa digunakan untuk merujuk pada daya pemrosesan, memori, jaringan, penyimpanan, dan sumber daya lainnya yang diperlukan agar komputasi program berhasil disebut ....

A. informatika
B. komputasi
C. teknologi
D. sosiologi



Jawaban:

Komputasi merupakan istilah umum yang biasa digunakan untuk rnerujuk pada daya pemrosesan, memori, jaringan, penyirnpanan, dan sumber daya lainnya yang diperlukan agar komputasi program berhasil.


SOAL 15

Fungsi keyboard komputer adalah untuk input ....

A. perintah klik
B. mencetak file
C. mengeluarkan suara
D. huruf, angka, dan symbol



Jawaban:

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input data yang berupa huruf, angka dan symbol


SOAL 16

Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia disebut ....

A. teknologi
B. pengetahuan
C. mesin
D. computer



Jawaban:

Keseluruhan saran untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia disebut teknologi.


SOAL 17

Suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perang¬kat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Mode berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan disebut dengan ....

A. informatika
B. information communication technology
C. computational thinking
D. sains



Jawaban:

Suatu kerangka dan proses berpikir yang mencakup perangkat keras, perangkat lunak, dan menalar (reasoning) mengenai sistem dan persoalan. Moda berpikir (thinking mode) ini didukung dan dilengkapi dengan pengetahuan teoritis dan praktis, serta teknik untuk menganalisis, memodelkan, dan menyelesaikan persoalan disebut dengan Computational Thinking.


SOAL 18

Berikut yang termasuk hardware input adalah ....

A. mouse
B. printer
C. CPU
D. monitor



Jawaban:

Hardware input atau (device pemasukkan) adalah alat yang berfungsi untuk memberikan perintah untuk memasukkan data ke memori untuk kemudian diproses oleh prosesor, contoh dari Hardware Input adalah Mouse dan Keyboard.


SOAL 19

Komponen yang tidak termasuk perangkat keras adalah ....

A. monitor
B. CPU
C. printer
D. Microsoft Excel



Jawaban:

Menurut James O'Brien, pengertian Hardware adalah semua perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain-lain.


SOAL 20

Materi tentang aplikasi dan fiturnya akan dipelajari pada bab ....

A. berpikir komputasional
B. sistem komputer
C. teknologi informasi dan komunikasi
D. jaringan komputer dan internet



Jawaban:

TIK atau teknologi informasi dan komunikasi adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, serta pemindahan informasi dari satu media ke media lainnya. Teknologi informasi dan komunikasi adalah peralatan elektronika yang terdiri atas dua perangkat.



ULANGI LAGI SOAL LAINNYA

close

Semoga Latihan Soal ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!! ELPEDIA
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

DAFTAR ISI

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp

0 comments:

Posting Komentar