SOAL INFORMATIKA BAB 3 KELAS 8 GANJIL - TIK

Hai Sobat elpedia!! Berikut ini adalah SOAL INFORMATIKA BAB 3 KELAS 8 GANJIL - TIK. Yuk Gaes!!!..Persiapkan diri kamu, Buktikan bahwa kamu HEBAT!!!
SELAMAT MENGERJAKAN

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan memilih jawaban yang kamu anggap benar!


SOAL 1

Sebuah software yang digunakan untuk menulis dan mengolah kata yang kemudian akan disimpan menjadi sebuah dokumen adalah ...

A. pengolah kata
B. pengolah angka
C. multimedia
D. database



Jawaban:

Aplikasi pengolah kata adalah sebuah software yang digunakan untuk menulis dan mengolah kata yang kemudian akan disimpan menjadi sebuah dokumen.


SOAL 2

Objek aplikasi yang digunakan untuk mengolah teks, gambar, dan audio adalah aplikasi ....

A. pengolah kata
B. pengolah angka
C. multimedia
D. database



Jawaban:

Aplikasi multimedia adalah sebuah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti: dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia ini bermacam-macam. Contohnya teks, gambar, foto, video, musik, bahkan animasi.


SOAL 3

Tanda yang membedakan antara satu jenis file dengan jenis file adalah....

A.Ekstensi file
B. objek
C. fitur
D. format



Jawaban:

Ekstensi memberi tahu komputer Anda aplikasi yang dibuat atau bisa membuka file dan ikon mana yang digunakan untuk file tersebut. Misalnya, ekstensi docx memberi tahu komputer Anda bahwa Microsoft Word bisa membuka file dan untuk menampilkan ikon Word saat Anda menampilkannya di file Explorer. Ekstensi file adalah tanda yang membedakan antara satu jenis file dengan jenis file lainnya. Misalnya, file gambar akan memiliki ekstensi jpg, gif, png, dan lain-lain. Sedangkan untuk file video akan memiliki ekstensia mpeg, avi, mp4, wmv, dan lain-lain. File di dalam komputer dengan ekstensi yang berbeda-beda.


SOAL 4

Berikut yang merupakan jenis ekstensi file gambar, kecuali ....

A. Jpg
B. Gif
C. Png
D. Rtf



Jawaban:

Rtf merupakan ekstensi file pengolah kata. File gambar akan memiliki ekstensi jpg, gif, png, dan lain-lain.


SOAL 5

Berikut merupakan file teks yang memiliki format khusus yang memungkinkan data disimpan dalam format tabel terstruktur adalah ....

A. .rtf
B. .csv
C. .odp
D. .svg



Jawaban:

File CSV (nilai dipisahkan koma) adalah file teks yang memiliki format khusus yang memungkinkan data disimpan dalam format tabel terstruktur.


SOAL 6

Ekstensi file untuk menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah bahan presentasi (slides) adalah ....

A. .rtf
B. .csv
C. .odp
D. .svg



Jawaban:

Ekstensi pada file dapat berbeda- beda, sesuai jenis file/aplikasi yang digunakan, misalnya:

a. File hasil menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah kata disimpan dalam format doc, docx, .rtf, .odt, atau format lainnya.

b. File hasil menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah lembar kerja disimpan dalam format .xls, xlsx, ods, csv, atau format lainnya.

c. File hasil menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah bahan presentasi (slides) disimpan dalam format ppt, .pptx, odp, ataut format lainnya.

d. File gambar dengan representasi data berupa bitmap disimpan dalam format .png, .bmp, jpeg, atau format lainnya.


SOAL 7

Ekstensi format .doc, .docx, .rtf, dan.odt merupakan ekstensi file untuk menyimpan objek utama pada aplikasi ....

A. pengolah kata
B. pengolah angka
C. multimedia
D. database



Jawaban:

File hasil menyimpan objek utama pada aplikasi pengolah kata disimpan dalam format .doc, docx, .rtf, .odt, atau format lainnya.


SOAL 8

Pembuatan user interface harus antarmuka yang baik tidak membuat pengguna melakukan dua langkah atau lebih untuk mengakses sesuatu dalam aplikasi, adalah karakteristik dari ....

A. umum
B. konsisten
C. efisien
D. lugas



Jawaban:

Untuk mencapai kualitas yang baik, antarmuka aplikasi setidaknya perlu memiliki beberapa karakteristik sebagai berikut.

a. Lugas, antarmuka yang baik tidak membuat pengguna melakukan dua langkah atau lebih untuk mengakses sesuatu dalam aplikasi.

b. Ringkas, antarmuka yang mumpuni harus menjamin pengguna dapat melakukan. langkah-langkah dengan singkat dalam sebuah aplikasi.

c. Umum dikenal, antarmuka yang dibuat harus bersifat familier karena nantinya akan berpengaruh pada tingkat kerumitan penggunaan aplikasi.

d. Responsif, antarmuka yang dioperasikan harus cepat, lugas, dan responsif terhadap tindakan pengguna.

e. Konsisten, penempatan tombol/fitur dalam aplikasi harus tetap dan tidak berubah-ubah sehingga tidak membingungkan pengguna.

f. Efisien, memiliki kegunaan agar dapat mempercepat akses pengguna pada tujuannya saat menggunakan aplikasi tertentu.

g. User forgiving, digunakan apabila user salah melakukan tindakan misalnya memberikan fitur Undo.

h. Menarik, antarmuka yang didesain semenarik mungkin dapat meningkatkan minat pengguna untuk mengoperasikan sistem tersebut.


SOAL 9

Salah satu perintah fitur yang digunakan untuk memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpan sementara adalah ....

A. cut
B. copy
C. paste
D. format painter



Jawaban:

Salah satu fitur yang sering digunakan oleh pengguna terutama dalam. mengoperasikan aplikasi perkantoran/administrasi adalah fitur Cut, Copy, dan Paste. Perintah Cut digunakan untuk memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpan sementara. Perintah Paste digunakan untuk memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan. Perintah Copy digunakan untuk menyalin teks atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.


SOAL 10

Copy dan Paste dapat dijalankan dengan cepat menggunakan ....

A. Shortcut
B. Aplikasi
C. Enter
D. Kursor



Jawaban:

Cut, Copy, dan Paste dapat dijalankan dengan cepat menggunakan shortcut. Ctrl + X untuk Cut, Ctrl + C untuk Copy, serta Ctrl +V untuk Paste.


SOAL 11

Perintah untuk menyimpan tekan/klik tombol shortcut ....

A. Ctrl + V
B. Ctrl + P
C. Ctrl + X
D. Ctrl + S



Jawaban:

Ctrl + X untuk Cut, Ctrl + C untuk Copy, serta Ctrl+V untuk Paste.


SOAL 12

Tombol pada platform Windows yang dapat menghasilkan gambar layar jika ditekan tombol pada papan kunci (keyboard) adalah ....

A. [prtscr]
B. paste
C. copy
D. screen



Jawaban:

Pada platform Windows, dapat digunakan tombol [PrtScr] pada papan kunci (keyboard) yang jika ditekan, dapat menghasilkan gambar layar. Dengan menekan tombol tersebut, pengguna dapat melakukan "Paste" pada jendela yang sedang aktif, dan mendapatkan gambar layar saat itu. Jika ingin mengambil sebagian gambar, maka dapat melakukan pemotongan dengan menggunakan fitur Crop pada aplikasi atau dengan menggunakan aplikasi lain seperti Paint. Selain menggunakan Paint, terdapat aplikasi lain yang juga digunakan untuk melakukan screenshot, yaitu Snipping Tools. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di internet. Cara melakukan screenshot dengan Snipping Tools sama seperti Paint, yaitu dengan menekan tombol [PrtScr]. Perbedaannya adalah dengan Snipping Tools, pengguna dapat langsung mengatur ukuran gambar yang akan diambil di layar, kemudian. dapat langsung menyimpannya dengan shortcut Ctrl + S.


SOAL 13

Selain menggunakan Paint, terdapat aplikasi lain yang juga digunakan untuk melakukan screenshot, yaitu ....

A. snipping tools
B. paste
C. copy
D. screen



Jawaban:

Selain menggunakan Paint, terdapat aplikasi lain yang juga digunakan untuk melakukan screenshot, yaitu Snipping Tools. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di internet. Cara melakukan screenshot dengan Snipping Tools sama seperti Paint, yaitu dengan menekan tombol [PrtScr]. Perbedaannya adalah dengan Snipping Tools, pengguna dapat langsung mengatur ukuran gambar yang akan diambil di layar, kemudian dapat langsung menyimpannya dengan shortcut Ctrl + S.


SOAL 14

Fitur yang digunakan untuk memotong gambar saat screenshot adalah ....

A. Crop
B. Cut
C. Select
D. Scale



Jawaban:

Pada platform Windows, dapat digunakan tombol [PrtScr] pada papan kunci (keyboard) yang jika ditekan, dapat menghasilkan gambar layar. Dengan menekan tombol tersebut, pengguna dapat melakukan "Paste" pada jendela yang sedang aktif, dan mendapatkan gambar layar saat itu. Jika ingin mengambil sebagian gambar, maka dapat melakukan pemotongan dengan menggunakan fitur Crop pada aplikasi atau dengan menggunakan aplikasi lain seperti Paint. Selain menggunakan Paint, terdapat aplikasi lain yang juga digunakan untuk melakukan screenshot, yaitu Snipping Tools. Aplikasi ini dapat diunduh gratis di internet. Cara melakukan screenshot dengan Snipping Tools sama seperti Paint, yaitu dengan menekan tombol [PrtScr]. Perbedaannya adalah dengan Snipping Tools, pengguna dapat langsung mengatur ukuran gambar yang akan diambil di layar, kemudian dapat langsung menyimpannya dengan shortcut Ctrl + S.


SOAL 15

Shortcut yang digunakan untuk perintah Cut adalah ....

A. Ctrl + C
B. Ctrl + T
C. Ctrl + V
D. Ctrl + X



Jawaban:

Ctrl + X untuk Cut, Ctrl + C untuk Copy, serta Ctrl + V untuk Paste​.


SOAL 16

Shortcut yang digunakan untuk perintah Paste adalah ....

A. Ctrl + C
B. Ctrl + T
C. Ctrl + V
D. Ctrl + X



Jawaban:

Ctrl + X untuk Cut, Ctrl + C untuk Copy, serta Ctrl + V untuk Paste.


SOAL 17

Shortcut yang digunakan untuk perintah Copy adalah ....

A. Ctrl + C
B.Ctrl + T
C. Ctrl + V
D. Ctrl + X



Jawaban:

Ctrl + X untuk Cut, Ctrl + C untuk Copy, serta Ctrl + V untuk Paste.


SOAL 18

Berikut yang bukan merupakan prinsip dasar literasi digital adalah ....

A. faktor budaya
B. kurasi
C. saling ketergantungan
D. pemahaman



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU


SOAL 19

Salah satu prinsip dasar literasi digital yang berarti media saling berbagi pesan atau informasi kepada masyarakat disebut ....

A. pemahaman
B. saling ketergantungan
C. faktor sosial
D. kurasi



Jawaban:

Menurut Yudha Pradana dalam Atribusi Kewargaan Digital dalam Literasi Digital (2018), literasi digital memiliki empat prinsip dasar, yaitu:

a. Pemahaman, artinya masyarakat memiliki kemampuan untuk memahami informasi yang diberikan media, baik secara implisit ataupun eksplisit.

b. Saling ketergantungan, artinya antara media yang satu dengan lainnya saling bergantung dan berhubungan. Media yang ada harus saling berdampingan serta melengkapi antara satu sama lain.

C.Faktor sosial, artinya media saling berbagi pesan atau informasi kepada masyarakat. Karena keberhasilan jangka panjang media ditentukan oleh pembagi serta penerima informasi.

d. Kurasi, artinya masyarakat memiliki kemampuan untuk mengakses, memahami, serta menyimpan informasi untuk dibaca di lain hari. Kurasi juga termasuk kemampuan bekerja sama untuk mencari, mengumpulkan, serta mengorganisasi informasi yang dinilai berguna.


SOAL 20

Laboratorium maya yang dikembangkan oleh University of Colorado Boulder adalah ....

A. Laboratorium maya Phet
B. NOVA Labs
C. The Concord Consortium
D. MERLOT virtual labs



Jawaban:

MAAF, BELUM ADA PEMBAHASANNYA.
HANYA DAPAT DIKERJAKAN UNTUK LATIHAN DAN MENGUKUR SKOR KAMU



ULANGI LAGI SOAL LAINNYA

close

Semoga Latihan Soal ini bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk selalu berlatih. Salam sukses!!!! ELPEDIA
AJAK TEMAN-TEMAN BELAJAR, dengan cara KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH INI!

DAFTAR ISI

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Telegram
Share on Whatsapp

0 comments:

Posting Komentar